Bagi Ilmu : Menyulap Foto Hitam-Putih jadi Foto Berwarna


Pada bagi ilmu kali ini diriku mencoba berbagi cara untuk menyulap sebuah foto hitam putih menjadi foto berwarna, caranya hanya tinggal seleksi dan ubah warna, tapi perlu sedikit ketelitian dan ketekunan… (wuih kaya’ mw apa aja…)

Nie dia caranya :

1. Jalankan dulu Photoshopnya…

2. Buka foto hitam putih yang mau kita ubah, misal diriku pakai foto ndiri (g’ pa2 yah… narziz dikit ^^, lagian diriku g’ punya foto hitam putih lain…)

3. Sekarang seleksi per bagian aja, kita mulai dari wajah dulu… Coba buat seleksi dengan Lasso Tool (L) seperti pada gambar… Kalau perlu gunakan Zoom (Z) agar lebih detail..

3

4. Setelah bagian wajah terselaksi duplikasikan dengan Ctrl+J untuk amannya, maka akan muncul layer baru yang hanya memunculkan wajah atau area yang terseleksi..

4

5. Sekarang tinggal warnai wajah dengan Hue & saturation (Ctrl+U), tapi sebelumnya pastikan pilih layer baru, yaitu layer wajah… Pada jendela Hue & Saturation tentukan warna yang dirasa mendekati warna alami kulit, tapi sebelumnya beri centang pada Colorize… dalam hal ini diriku gunakan H:28 – S:70 – L:-21 (hi7x… tetep kelipatan 7…)

5

6. Bagian mata kan ikut jadi coklat seperti wajah, nah masih dalam pilihan layer jawah gunakan Eraser Tool (E) untuk menghapus bagian mata pada layer wajah…

6

7. Berikutnya seleksi daerah bibir/mulut dengan Lasso Tool (L) seperti pada langkah ke 3… Dan duplikasikan juga dengan Ctrl+J biar aman…

8. Untuk warna bibir tetep menggunakan Hue & Saturation dengan nilai H:10 – S:50 – L:0, jangan lupa sebelumnya beri centang dulu pada Colorize…

8

9. Selanjutnya kita seleksi bagian kemeja dengan Lasso Tool (L) dan juga setelah selesai duplikasikan dengan Ctrl+J… (jangan lupa pilih dulu layer foto pertama)

10. Kali ini kita tidak menggunakan Hue & Saturation untuk mewarnai kemeja, tapi dengan Color Balance (B)… Tentukan nilai secara berurutan mulai dari Shadows:+70,0,-21 | Midtones:+70,0,-21 | Highlights:+70,0,-21…

10

11. Kalau mau, ubah latar menjadi merah dengan memilih layer foto pertama (foto hitam putih), lalu tekan Ctrl+U untuk Hue & Saturation dan centang pada Colorize serta beri nilai H:0 | S:50 | L:0

12. Foto kita sudah berwarna, tinggal sentuhan akhir… Kalau mau gabungkan semua layer dengan Ctri+Shift+E, dan gunakan Brightness/Contrast dengan nilai B:7 | C:7 untuk sedikit mencerahkan…

12

Nah jadi sudah, foto yang tadinya hitam putih telah berubah jadi foto berwarna… Itulah manfaat Photoshop, foto jadul bisa jadi lebih menarik…

warnaMoga bagi ilmu kali ini bermanfaat…

Riadyawan

9 tanggapan

14 05 2009
Tambah Bagi Ilmu Lagi « Riadyawan’s Blog

[...] Bagi Ilmu : Menyulap Foto Hitam-Putih jadi Foto Berwarna [...]

9 06 2009
HidekiRyuga

Emang aslinya pake baju merah??? atau di edit???

9 06 2009
HidekiRyuga

Bisa gak merubah foto yg sudah berwarna… contohnya rambutnya warna-nya hitam kita rubah jadi biru…. tau kan maksud-nya… klo bisa, jelasin dunk tutor-nya….
Thank.

10 06 2009
riadyawan

itu asli-nya foto hitam putih n foto analog biasa (foto jaman doeloe, bukan hasil foto digital), abiz ntu di-scan, n hasil scan di-edit pake Photoshop… low punya foto hitam-putih (misal foto OSIS) n low mau coba ikuti aja tips diatas low penasaran… ^^

10 06 2009
riadyawan

Bisa kq, kaya’ disemir gitu kan rambutnya???

Langkahnya sama aja kq kaya’ tulisan diatas, cuma diseleksi bagian rambut yg pingin diubah warnanya, lalu tinggal pakai Hue & Saturation (Ctrl+U) n centang pilihan Colorize n ubah warna sesuai keinginan…

Low masih bingung low sempet tak tulisa bagi ilmu-nya deh… ^^ tapi low pas da waktu… soale mingu nie kuliah full…

23 02 2010
ane

background belakang masih hitam mas,,,,,,,, ?

16 04 2010
riadyawan

@ ane : waduh… b’arti lom dikasih layer style tuh maz… silahkan coba tapi bener2 ikut cara diatas secara berurutan… ^_^

29 04 2010
lia

ini pake photoshop type berapa?

3 05 2010
riadyawan

@ lia : pas nulis tuh postingan diriku pakai sotosop CS, tp bagi ilmu diatas bs jg dipraktekkan di sotosop 7 ampe CS 5…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.